NEGARA TERKREATIF

Untuk menjawab pertanyaan negara mana yang paling kreatif dan inovatif, sudah pasti saya akan menyebutkan negara Jepang. Mengapa Jepang? Karena Jepang banyak memiliki produk-produk kreatif yang out of the box, yang kata lainnya bisa disebut dengan inovatif. Dalam perihal teknologi, Jepang sangat maju dan paling unggul dibanding negara lain di seluruh dunia. Coba sebutkan, hal apa yang paling canggih di dunia untuk saat ini? Robot menyerupai manusia? Hologram? Siapakah yang bisa menciptakan hal-hal tersebut? Yang paling berhasil dalam hal ini, menurut sepengetahuan saya, ya negara Jepang. Jepang sudah berhasil membuat beragam robot pengganti makhluk hidup seperti robot penari, robot pemain musik, robot pasien untuk pelatihan dokter, robot hewan peliharaan, robot waitress, dan lain-lain.

Tetapi coba kesampingkan pikiran yang beristilah “rumput tetangga lebih hijau” tersebut. Sebelum memuji negara lain mari kita tengok yang lebih dekat terlebih dahulu. Negara kita sendiri mungkin, Indonesia? Tanpa kita sadari, sebenarnya Indonesia juga merupakan salah satu negara yang paling inovatif, menurut saya. Dalam hal baik maupun buruk. Siapa lagi yang bisa membuat sebatang bambu menjadi sebuah senjata yang bersejarah? Yang biasa kita sebut dengan bambu runcing. Mungkin bisa dikatakan bahwa munculnya bambu runcing hanya karena keterbatasan atau kemiskinan Indonesia pada zaman itu. Tetapi toh hanya dengan sebatang bambu, Indonesia dapat mengalahkan para penjajahnya yang sudah lebih maju. Maka saya tidak akan malu menobatkan bambu runcing merupakan salah satu senjata orisinil Indonesia.

Orang Indonesia adalah orang yag kreatif. Seharusnya kita bisa mendapatkan dampak yang menguntungkan untuk negara kita ini. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia merupakan negara yang tergolong lemah dalam bidang ekonomi, lebih banyak terdapat masyarakat yang susah atau kurang mampu. Sehingga kekreatifitasan yang kita miliki cenderung lebih berdampak buruk. Contohnya, kreatifitas para penjual gorengan. Mereka berinovasi demi barang dagangannya laku terjual untuk membuat minyak yang lebih gurih, dengan membuat minyak yang mengandung plastik. Sebenarnya hal ini merupakan tindakan kriminal, dan kasus ini tidak berhenti sampai di sini. Atau seperti yang baru-baru ini terjadi. Akhir-akhir ini banyak ditemukan orang yang random mengirimkan SMS yang isinya minta transfer uang. Menurut berita, ternyata itu bukan sekedar tipuan biasa, ternyata apabila kita membalas SMS itu, misalnya dengan mengata-ngatai orang tersebut, handphone kita akan terkunci dan orang pengirim SMS itu bisa menyedot pulsa kita sesuka hati. Kreatif bukan? Tetapi ya, kembali lagi ini adalah penipuan dan termasuk kejahatan. Masih banyak lagi kekreatifitasan Indonesia yang dikonsumsi dengan salah. Hal ini sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk menertibkan.

Sebelum pembicaraan menjadi lebih panjang lagi, inti yang ingin saya sampaikan sesungguhnya adalah setiap negara pasti memiliki kreatifitas dan inovasi khas-nya masing-masing. Namun kreatifitas dan inovasi tersebut belum tentu berdampak baik, misalnya robot. Meskipun robot merupakan kreatifitas paling canggih di seluruh dunia untuk saat ini, namun belum tentu penciptaan robot seluruhnya positif. Karena menurut saya apabila robot berhasil diciptakan menyebar ke seluruh dunia, robot akan mengambil alih posisi manusia yang dapat mengakibatkan kepunahan makhluk hidup. Namun walaupun demikian, Jepang merupakan negara yang paling berhasil dalam mengimplementasikan kreatifitas dan inovasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: